Senin, 07 Desember 2020

Dental Health

 

Karang Gigi

 


Definisi

Karang gigi atau “kalkulus gigi” adalah timbunan plak gigi yang mengeras dan menumpuk sedikit demi sedikit.Plak gigi adalah tumpukan sisa makanan yang telah terkontaminasi bakteri dan menempel pada permukaan gigi yang kemudian mengeras menjadi karang gigi. Biasanya karang gigi timbul karena sikat gigi yang kurang bersih. Jika tidak dibersihkan, maka plak tersebut dapat menyebabkan karan gigi. Kecepatan pembentukan karang gigi pada setiap orang umum berbeda-beda tergantung pada kadar pH air liur.

Karang gigi merupakan salah satu masalah gigi yang paling sering dimiliki banyak orang dan dapat muncul pada segala usia, mulai dari anak-anak dan akan semakin meningkat risikonya seiring bertambahnya usia. Biasanya karang gigi terbentuk di atas garis gusi atau permukaan gigi yang tampak di rongga mulut. Karang gigi bisa berwarna putih, kuning kecoklatan, hingga hitam. Semakin pekat warna karang gigi, maka semakin banyak pula plak yang menumpuk di gigi. Karang gigi juga memiliki tekstur yang terasa kasar ketika diraba menggunakan lidah. Jika kondisi ini dibiarkan terlalu lama dan tidak ditangani dengan tepat, gigi dan gusi berisiko tinggi mengalami kerusakan.

Akibat

Dibandingkan dengan masalah gigi lainnya, kebanyakan orang seringkali menyepelekan kemunculan karang gigi. Bahkan tidak sedikit pula yang justru tidak mengetahui keberadaan karang di giginya sama sekali. Padahal karang gigi dapat menyebabkan berbagai masalah, di antaranya:

1.      Karang gigi yang tidak dibersihkan dapat menyebabkan gingivitis, alias peradangan pada gusi. Jika dibiarkan terus berlanjut, akan menyebabkan periodontitis alias penyakit periodontal.

2.      Karang gigi yang dibiarkan menumpuk juga bisa menyebabkan bau mulut.

3.      Karang gigi yang menumpuk dapat menyebabkan gigi berlubang.

4.      Perubahan warna gigi.

Perawatan

Karena karang gigi adalah akumulasi dari penumpukkan plak yang mengeras maka membersihkan karang gigi tidak cukup jika dengan sikat gigi saja. Pembersihan karang gigi hanya dapat dilakukan oleh dokter gigi dengan prosedur scaling. Karang gigi dibersihkan dengan alat khusus yang bernama scaler. Scaler bekerja dengan getaran ultrasonik yang pada bagian ujungnya yang berbentuk agak runcing. Dengan bentuknya yang meruncing di ujung, alat ini mampu membersihkan karang yang ada di sela-sela gigi hingga bagian terdalam yang mungkin sulit dijangkau dengan sikat gigi.

Proses scaling tidak memakan waktu lama, biasanya berkisar dari setengah jam hingga satu jam. Tergantung pada seberapa banyak karang gigi. Saat dilakukan scaling, bukan tidak mungkin akan timbul pendarahan pada gusi dan rasa nyeri. Hal ini terjadi karena gusi yang tertutup karang gigi mengalami peradangan sehingga mudah berdarah.

Pencegahan

Cara mencegah terbentuknya karang gigi:

1.      Sikat gigi dua kali sehari dengan teknik yang benar dan durasi yang cukup.

2.      Menggunakan dental floss atau benang gigi.

3.      Hindari merokok.

4.      Kurangi makanan yang manis.

5.      Rutin periksa gigi ke dokter gigi 6 bulan sekali.

6.      Rutin scaling gigi setiap 6 bulan sekali









Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Comments

3-comments

Category 4

LATEST

3-latest-65px

Total Pageviews

Cari Blog Ini

Blog Archive

Style 4

Category 5

Event more news

Header Background

Header Background
Header Background Image. Ideal width 1600px with.

Popular Posts

Text Widget

Awesome

Category 5

SEARCH

Recent Posts

3/recent/post-list

Pages - Menu

Popular

SEARCH

Blog Archive